Kalkulatif.com

Tujuan Serta Contoh Amortisasi dan Depresiasi

Tujuan Serta Contoh Amortisasi dan Depresiasi

Amortisasi (amortization) adalah sebuah teknik akuntansi yang digunakan untuk memperkecil jumlah biaya pada sebuah keterbatasan atau aset yang tidak berwujud secara bertahap melalui biaya - biaya terjadwal untuk penghasilan.

Tujuan dari amortisasi adalah untuk membanttu akuntan dalam menghubungkan biaya aset ke pendapatan. Contohnya ialah bila perusahaan membeli satu rim kertas, itu dapat meniadakan biaya untuk tahun berikutnya bila masih memanfaatkan kertas yang sama sebelumnya.

Sedangkan depresiasi adalah sebuah metode akuntansi yang dipergunakan dalam mengalokasikan biaya poerusahaan pada aset yang nyata atau terlihat secara lebih mudah dan digunakan untuk tujuan menurunkan nilai.

Sebagai contoh, bila sebuah perusahaan membeli sebagian peralatan sebesar 500 juta rupiah, hal itu bisa dimasukkan ke dalam biaya aset selama satu tahun atau bisa juga di tulis aset tersebut bertahan selama 10 tahun.

Amortisasi dan depresiasi memiliki hubungan di antara keduanya di dalam akuntansi. Tujuannya adalah sama membantu seorang akuntan dalam mengambil keputusan terhadap biaya yang dibutuhkan perusahaan selama periode tertentu.

2018-12-16T03:11+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com