Kalkulatif.com

Tahap - Tahap Proses Terjadinya Hujan

Tahap - Tahap Proses Terjadinya Hujan

Dalam setiap proses terjadinya hujan, ada beberapa tahap yang di lalui oleh zat uap air sebelum hujan itu turun ke permukaan bumi.

Inilah beberapa tahap yang di lalui dalam suatu proses terjadinya hujan.

Transpirasi

Transpirasi adalah proses hilangnya air dalam bentuk uap air dari jaringan hidup tanaman yang terletak di atas permukaan tanah melewati stomata, lubang kutikula, dan lentisel. Kehilangan air ini terjadi akibat dari penguapan.

Evaporasi

Evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan spontan menjadi gas (contohnya uap air).

Presipitasi

Presipitasi adalah suatu peristiwa jatuhnya air dari atmosfer menuju ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun tersebut bisa berupa salju, hujan, kabun dan embun.

Kondensasi

Kondensasi adalah proses perubahan uap menjadi fasa cair yang terjadi apabila uap tersebut bersentuhan melalui permukaan kontak yang temperaturnya lebih rendah daripada temperatur jenuh uap. Perubahan ini dapat di tandai dengan uap air yang menjadi awan

Infiltrasi

Infiltrasi merupakan aliran air yang masuk ke dalam tanah melalui permukaan tanah. Di dalam tanah air mengalir dalam arah lateral, sebagai aliran antara (interflow) menuju mata air, danau, dan sungai; atau secara vertikal, yang dikenal dengan perkolasi menuju air tanah.

2018-09-16T13:52+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com