Kalkulatif.com

Sumber Perolehan Devisa

Sumber Perolehan Devisa

Cadangan Devisa (Cadev) Indonesia per Desember 2017 kembali meningkat dari posisi November tahun ini yang tercatat US$ 125,9 miliar. Begitulah satu dari banyaknya artikel berita online yang membahas tentang perekonomian negara.

Dari banyaknya artikel yang beredar, tentu bisa menjadi suatu objek opini di kalangan publik secara luas. Bahkan dapat menggiring opini - opini yang membuat pandangan fundamental perekonomian negara terganggu ke depannya.

Sebenarnya menghitung kebutuhan cadangan devisa negara dari sumber devisa total untuk menopang fundamental di bidang perekonomian tentu harus terlebih dahulu menganalisa dari banyak sisi, terutama dari sisi jumlah produk domestik bruto (PDB) dalam setahun terakhir. PDB adalah tota keseluruhan barang dan jasa yang di hasilkan dari satu negara dalam setahun yang kemudian dikonversikan ke dalam satu harga.

Dengan jumlah PDB yang lebih besar yang dihasilkan, maka akan semakin mengecil kebutuhan untuk memiliki cadangan devisa asing untuk disediakan, dikarenakan PDB dengan jumlah yang besar akan mengakibatkan potensi ekspor yang lebih tinggi sehingga akan menopang beban kebutuhan cadangan devisa asing oleh negara. Apalagi PDB yang dihasilkan ditunjang tidak hanya oleh kuantitas yang banyak, tetapi juga dengan kualitas yang benar - benar baik.

Selain itu, masih banyak juga hal - hal yang dapat mempengaruhi kebutuhan cadangan devisa asing, misalnya lagi seperti presentase impor, kondisi pasar modal dan sebagainya. Usaha menjaga untuk menyiapkan cadangan devisa asing juga sebagai suatu upaya untuk mempertahankan kestabilan nilai tukar mata uang agar terhindar dari kondisi nilai tukar yang fluktuatif ke depannya.

2018-09-02T16:14+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com