Kalkulatif.com

Struktur Daun Dan Fungsinya

Struktur Daun Dan Fungsinya

Setiap helai daun memiliki struktur - strukturnya di setiap bagiannya. Inilah beberapa dari struktur daun yang juga dijelaskan beserta dengan fungsinya dari masing - masing struktur daun tersebut.

Kutikula tanaman merupakan lapisan yang mengandung zat lilin yang diproduksi oleh sel epidermis daun, ujung batang dan bagian-bagian yang bersentuhan dengan udara lainnya. Komponen utama penyusun kutikula adalah kutin dan zat lilin. Kutikula memiliki struktur yang rumit dan berlapis-lapis.

Epidermis Atas

Epidermis atas terdiri dari satu lapis sel, berbentuk persegi, dinding terluarnya ditutupi oleh kutikula, dan tidak mengandung kloroplas. Beberapa stomata, jika ada, dapat ditemui pada epidermis atas.

Palisade (Sel Mesofil)

Mesofil terdiri dari sel-sel parenkim yang tersusun renggang dan banyak ruang antarsel. Pada kebanyakan daun Dikotil, mesofil terdiferensiasi menjadi parenkim palisade (jaringan tiang) dan parenkim spons (jaringan bunga karang). Sel-sel palisade bentuknya memanjang, mengandung banyak kloroplas, dan tersusun rapat. Parenkim spons bentuknya tidak teratur, bercabang, mengandung lebih sedikit kloroplas, dan tersusun renggang.

Selubung Sel

Berkas pembuluh angkut pada daun dikelilingi oleh sel-sel parenkim sehingga membentuk selubung.

Xylem

xilem/pembuluh kayu berfungsi untuk transportasi air dan mineral serta zat hara dari akar kebatang dan daun.

Floem

Pembuluh tapis (floem) mengangkut hasil fotosintesis (terutama gula sukrosa) dan zat-zat lain dari daun menuju bagian-bagian tubuh tumbuhan yang lain.

Epidermis Bawah

Epidermis bawah, serupa dalam struktur permukaan atas, tapi memiliki banyak stomata. Tiap pori stomata terbuka ke arah ruang antar sel besar yang disebut ruang substomata atau cavity.

Pelindung Sel

Sel jaringan ini disebut juga ke dalam epidermis. Berada di lapisan terluar dan fungsinya untuk melindungi permukaan tumbuhan.

2018-09-16T13:56+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com