Kalkulatif.com

Stres Menurut Sains dan Cara Mengatasi Stress

Stres Menurut Sains dan Cara Mengatasi Stress

Stres adalah sebuah gangguan mental atau psikis yang seringnya terjadi pada seseorang karena tekanan yang muncul dari banyak hal, misalnya gagal mewujudkan suatu keinginan atau rencana.

Dalam sebuah penelitian, setiap stres yang di alami seseorang, maka akan mengganggu produksi hormon kortisol di dalam tubuh, yaitu hormon yang berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi oleh kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional.

Selain itu, hormon kortisol dalam tubuh juga dapat berperan sangat penting untuk mencegah kerusakan bagian - bagian tubuh lainnya. Dengan kondisi stres yang di alami secara berlarut - larut, maka dikhawatirkan akan berefek pada bagian tubuh lainnya yang tidak diinginkan.

Peran - peran hormon kortisol lainnya antara lain:

  1. membantu tubuh untuk mengelola stres
  2. mengkonversi protein menjadi glukosa untuk meningkatkan kadar gula darah lesu
  3. bekerja sama secara erat dengan hormon insulin untuk menjaga kadar gula darah konstan
  4. mengurangi peradangan
  5. berkontribusi terhadap pemeliharaan tekanan darah yang konstan
  6. memberikan kontribusi pada kerja sistem kekebalan tubuh.

Hal terbaik untuk mengatasi kondisi stres dapat dilakukan dengan mudah. Hal yang paling pentingnya adalah kesadaran dari sendiri untuk tetap berpikir secara positif dan kritis terhadap apapun yang sudah di hadapi.

Berpikir kritis terhadap kegagalan yang sudah di lalui dapat lebih mengurangi beban atau tekanan yang ada, sehingga dapat mengarah pada kondisi yang lebih baik. Hal ini memungkinkan karena dengan berpikir tentang apa yang salah dalam kegagalan tersebut dapat menjadi sebuah kunci untuk menjaga keseimbangan hormon kortisol ini dengan baik dan berfungsi secara optimal.

2018-09-11T11:02+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com