Kalkulatif.com

Strategi Bisnis Kos - Kosan

Strategi Bisnis Kos - Kosan

Salah satu bisnis yang menarik di kota besar atau kota pelajar yang bisa menjadi lahan investasi jangka panjang adalah bisnis properti, baik rumah, apartemen hingga kos - kosan.

Kos - kosan merupakan salah satu kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa atau pekerja dari luar daerah. Meski terlihat menarik dan memiliki keuntungan yang cukup besar, kamu juga harus menjalankan bisnis ini dengan baik dan memikirkan strateginya dengan matang. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis kos - kosan.

Pilih Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis kos-kosan adalah memilih lokasi strategis. Cobalah mulai bisnis ini dengan melakukan survei lokasi, carilah lokasi yang mudah ditempuh, memilik jarak yang dekat dari kampus atau perkantoran, akses mudah, dan sebagainya. Jika target market kamu adalah mahasiswa, carilah lokasi dekat dengan kampus, atau cari lokasi yang dekat dari perkantoran jika target kamu adalah pekerja. Selain dekat dengan kampus atau kantor, carilah lokasi yang memudahkan target kamu mencari tempat makan, supermarket, rumah sakit, dan dekat dengan jalan raya.

Jaga Kebersihan dan Kenyamanan

Setelah menemukan lokasi yang strategis, hal kedua yang harus kamu lakukan adalah membuat kos-kosan yang memberikan jaminan atas kebersihan, keamanan, dan juga kenyamanan penghuni kos. Dengan begitu, mereka akan lebih betah di kos-kosan dan menjadi penghuni kos yang loyal. Berikan sirkulasi udara yang baik dan sediakan pihak keamanan yang menjaga kos-kosan. Selain itu, kamu juga harus menyeleksi calon penghuni dan membuat aturan yang bisa membuat kos lebih aman dan nyaman, misalnya pintu utama akan ditutup jam 22.00 atau teman penghuni diwajibkan melapor jika menginap, dan sebagainya.

Berikan Harga Kompetitif

Harga adalah salah satu faktor penentu apakah calon penghuni memilih kos-kosan yang kamu miliki atau tidak. Agar kamar kos-kosan kamu penuh dan ramai, cobalah berikan harga sewa yang sesuai dengan target dan fasilitas yang dimiliki kos-kosan tersebut. Misalnya kamar kos dengan fasilitas AC dihargai Rp1,5 juta, dan tanpa AC hanya Rp800 ribu. Sebelum menentukan harga, kamu bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap harga kos di sekitar lokasi.

Berikan Fasilitas Oke

Selain fasilitas di kamar kos, kamu juga harus memerhatikan fasilitas lainnya, misalnya menyediakan WiFi gratis, layanan laundy, ketering, dan sebagainya. Hal ini akan membantu kamu memenangkan persaingan pasar. Tanpa adanya fasilitas tambahan, kamu akan sulit menarik calon penghuni kos. Apalagi saat ini hampir semua kos-kosan menyediakan layanan WiFi gratis.

Tingkatkan Promosi

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat promosi bisnis kamu. Cobalah mulai dengan promosi melalui social media atau menempel brosur di tempat makan yang biasa dikunjungi target market. kamu juga bisa memberikan promosi atau diskon untuk beberapa penghuni pertama kos-kosan. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kos-kosan kamu.

2019-01-09T15:25+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com