Kalkulatif.com

Solusi Permasalahan Kepemilikan Manajerial dan Institusional Perusahaan


Solusi Permasalahan Kepemilikan Manajerial dan Institusional Perusahaan
Tujuan perusahaan pada dasarnya hanya untuk memaksimumkan kesejahteraan atau keuntungan bagi pemiliknya (shareholders) melalui suatu keputusan atau kebijakan investasi, pendanaan, serta dividen yang dapat tercermin pada harga saham di dalam pasar modal.

Dalam menjalankan usaha, pemilik biasanya melimpahkan kepada pihak lain, yaitu manajer sehingga menyebabkan timbulnya hubungan keagenan. Masalah tersebut bisa terjadi antara: pemilik (shareholders) dengan manajer yang dilimpahkan, manajer dengan debtholders, serta manajer dan shareholders dengan debtholders.

Metode-metode yang dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan manajerial serta menurunkan biaya operasional bisa dilakukan dengan beberapa hal , antara lain:

  1. Melalui pengendalian eksternal atau mekanisme motivasional.
  2. Institutional investor sebagai monitoring manajerial.
  3. Meningkatkan Dividend Payout Ratio (DPR).

Kepemilikan manajerial adalah kepemilikan yang dimiliki oleh eksekutif dan direktur. Presentase kepemilikan ditentukan oleh besarnya presentase jumlah saham terhadap keseluruhan saham perusahaan.

Sedangkan kepemilikan institusional umumnya bertindak sebagai pihak yang memonitor operasional perusahaan. Kepemilikan saham institusional biasanya saham yang dimiliki oleh perusahaan atau pihak lain yang berada di dalam maupun di luar negeri. Kepemilikan saham institusi akan meningkatkan pengawasan yang lebih optimal tehadap kinerja perusahaan itu sendiri. Pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan keuntungan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan (PER) juga.

Peningkatan nilai perusahaan (PER) dapat di ukur dengan pertumbuhan aset, aset menunjukkan aktiva yang digunakan untuk aktivitas operasional perusahaan. Peningkatan aset yang di ikuti dengan peningkatan hasil operasional akan semakin menambah kepercayaan pihak luar terhadap perusahaan.

Return On Investment (ROI) adalah rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur efektifitas perusahaan di dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva yang dimilikinya. ROI dapat menunjukkan rasio laba bersih setelah pajak terhadap total aset yang digunakan untuk operasional perusahaan.

2018-08-28T22:40+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com