Kalkulatif.com

Sistem Mata Uang Bitcoin

Sistem Mata Uang Bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu mata uang yang berdasarkan kriptografi, di mana tidak wujud fisik seperti yang biasa dikeluarkan oleh suatu bank, tetapi berada pada suatu tempat yang di sebut blockchain.

Blockchain ini bertugas mengatur lalu lintas keuangan semua mata uang kriptografi, termasuk juga bitcoin sebagai mata uang kriptografi paling mahal. Blockchain inilah yang menjadi sebagai bank-nya semua mata uang kriptografi yang bisa menabung seperti layaknya bank konvensional.

Perbedaannya adalah blockchain tidak menerbitkan uang dalam bentuk fisik, dia hanya ada dalam sistem online, serta dapat dipergunakan kapanpun oleh pemiliknya untuk keperluan apapun yang diinginkan, seperti jual beli mata uang kriptografi tersebut dan keperluan lainnya.

Cara mendapatkan bitcoin, bisa dengan membelinya langsung dengan mata uang konvensional yang beredar pada beberapa situs jual beli mata uang kriptografi, atau juga bisa dengan 'menambang' dengan cara memecahkan algoritma bitcoin yang tersedia situs bitcoin tersebut. Pemecahan algoritmanya juga bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan software penambang bitcoin yang sudah banyak beredar di internet.

Dengan adanya mata uang kriptografi seperti bitcoin, ada opsi alternatif dari pemakaian mata uang di dunia, sehingga dapat memberikan kualitas sistem alat tukar yaitu uang lebih mudah, efektif dan efisien. Sebaliknya, kekurangnnya juga masih ada, seperti kematangan hukumnya yang belum sepenuhnya di akui, sehingga menyulitkan perkembangannya.

2018-09-02T15:00+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com