Kalkulatif.com

Senyawa Steroid dan Turunannya

Senyawa Steroid dan Turunannya

Steroid adalah salah satu kelompok senyawa penting dari beberapa produk alami yang dapat menunjukkan spektrum yang luas dari profil - profil farmakologis. Steroid dari salah satu kelompok senyawa yang penting ini memiliki struktur dengan struktur dasar sterana dengan terdapat 17 atom karbon dan juga terdapat 4 cincin.

Senyawa yang yang dapat dikategorikan sebagai turunan steroid, termasuk diantaranya senyawa kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Ke semua turunan tersebut memiliki keunikan yang berbeda - beda antara satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, senyawa steroid dapat berfungsi sebagai hormon yang sangat diperlukan di dalam tubuh. Hormon ini dapat menggantikan hormon yang berkurang yang ada di dalam tubuh, sehingga dapat mencukupi dari kekurangan hormon yang diperlukan ini. Dikarenakan hormon merupakan suatu senyawa yang sangat vital yang ada di dalam tubuh, bila senyawa ini terganggu maka akan terganggu pula proses keseluruhan reaksi biokimia di dalam tubuh tersebut.

Struktur dari senyawa steroid ini mempunyai struktur - struktur dasar yang terdiri dari sebanyak 17 struktur atom C (karbon) yang dapat membentuk sebanyak tiga buah cincin sikloheksana dan juga membentuk sebanyak satu buah cincin siklopentana.

Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain dapat di lihat pada tata letak di gugus fungsionalnya yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan juga disebabkan oleh tahap oksidasi pada tiap - tiap cincin yang di miliki.

2018-09-27T04:27+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com