Kalkulatif.com

Saham Pilihan Untuk Investasi Jangka Panjang


Saham Pilihan Untuk Investasi Jangka Panjang

Beberapa Investor kebingungan saat mengambil keputusan pada pasar saham, mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup saat membeli atau menjual saham secara tepat. Dalam berinvestasi secara jangka panjang ( long term), tidak hanya melihat dari indikator sahamnya saja, tetapi juga harus fokus terhadap target harga, disiplin tinggi dan pengetahuan cukup pada saham yang akan diinvestasikan.

1. Fokus terhadap fundamental saham
Banyak faktor yang membuat fundamental suatu saham tersebut kuat atau tidak. Faktor inilah yang harus dipelajari secara mendetil sebelum mengambil aksi beli saham secara jangka panjang. Kondisi keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor paling penting untuk bisa menganalisa kekuatan fundamental saham tersebut.

2. Konsistensi pembagian dividen
Suatu perusahaan yang terus secara konsisten membagikan dividen setiap tahun dapat di prediksi bahwa perusahaan tersebut dapat menghasilkan keuntungan dan tidak mengalami kerugian. Di samping itu, kestabilan keuangan pada perusahaan tersebut cukup baik dengan seringnya dividen dibagikan.

3. Analisa P/E ratio
Price/Earning ratio dapat dimanfaatkan dengan cara menentukan batas atas dan batas bawah harga untuk saham tersebut. Ini dapat dikalkulasikan dengan membandingkan harga terakhir saham dengan keuntungan yang di peroleh per lembar saham pada perusahaan tersebut.

4. Perhatikan fluktuatif harga
Pasar saham merupakan pasar di mana dengan tingkat fluktuatif harga yang sangat tinggi di bandingkan dengan pasar pada umumnya. Perhatikan dan evaluasi setiap harga yang akan muncul, ambil kesempatan pada batas harga yang telah ditargetkan.

5. Hindari Tipuan Valuasi
Sebuah perusahaan dengan valuasi yang besar belum bisa dikategorikan ke dalam saham yang tepat untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Tetapi, harus dibandingkan terlebih dahulu antara rasio hutang dengan rasio keuangannya. Terkadang valuasi yang besar juga di ikuti dengan jumlah hutang yang besar juga.

2018-08-28T22:18+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com