Kalkulatif.com

Rute Eliminasi Obat

Rute Eliminasi Obat

Eliminasi obat sangat berkaitan erat dengan proses pembuangan zat obat dari dalam tubuh secara irreversibel melalui semua rute eliminasi obat. Proses eliminasi biasanya di bagi menjadi dua komponen utama, yakni ekskresi dan biotransformasi.

Ekskresi obat adalah salah satu proses pembuangan obat yang terjadi secara utuh, di mana zat - zat obat yang akan di ekskresi akan melalui organ ginjal terlebih dahulu, kemudian menuju kandung kemih dan pada akhirnya di buang melalui urine.

Selain itu, rute eliminasi obat juga bisa di eliminasi melalui dari organ empedu, keringat, air susu ibu (laktasi) atau cairan tubuh selain keringat. Untuk zat obat yang mudah menguap dapat di ekskresi langsung melalui paru yang dihembuskan lewat nafas.

Sedangkan biotransformasi adalah proses di mana obat di ubah secara kimiawi di dalam tubuh (biokimia) menjadi suatu produk metabolit. Pada umumnya memang proses biotransformasi merupakan suatu proses biokimia yang terjadi berdasarkan sistem enzimatis yang secara biologis ada di dalam tubuh.

Dalam suatu proses eliminasi obat akan melibatkan berbagai banyak proses yang begitu kompleks, dikarenakan di tiap - tiap organ memiliki struktur jaringan organ yang tidak homogen, sehingga dapat mempengaruhi sistem eliminasi itu juga.

2018-09-30T09:58+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com