Kalkulatif.com

Rupiah (IDR) vs Dolar (USD)

Rupiah (IDR) vs Dolar (USD)

Sudah menjadi bahan konsumsi publik bahwa rupiah mata uang negara indonesia sudah terlalu lemah dibandingkan dengan mata uang dolar milik amerika di tiap - tiap tempat. Kondisi seperti ini memang sudah terjadi sangat lama.

Tetapi, kenapa itu bisa terjadi dengan pelemahan rupiah yang sudah lebih dari sepuluh kali lipat tersebut ?.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan pelemahan rupiah yang sedemikian rupa.

1. Fundamental ekonomi negara bersangkutan

Mata uang suatu negara utamanya sangat dipengaruhi oleh kondisi fundamental ekonomi negara itu sendiri. Semakin kuat basis ekonomi di negara itu dengan misalnya memiliki cadangan emas yang berlimpah, maka akan semakin kuat pula mata uang tersebut. Disebabkan karena negara tersebut memiliki modal yang kuat sehingga tidak mudahnya pelemahan mata uang itu di pasar valas.

2. Inflasi / deflasi barang dan jasa

Kondisi kenaikan / penurunan harga barang dan jasa di suatu negara juga dapat mempengaruhi kestabilan harga mata uang negara itu sendiri. Dengan semakin menaik harga barang atau jasa di suatu negara, maka akan melemah pula mata uang negara tersebut. Begitu pun bila kondisi sebaliknya.

3. Indeks ekspor / impor

Pergerakan ekspor / impor suatu negara juga akan berpengaruh terhadap nilai harga mata uangnya, karena bila semakin tinggi jumlah ekspor yang di kirim ke luar negeri, maka akan berimbasnya semakin tinggi pula fundamental ekonomi negara bersangkutan. Dengan menaiknya fundamental sehingga bakal mempengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut di pasar valas.

4. Perbandingan jumlah turis vs orang lokal yg keluar negeri

Bagi yang senang ke luar negeri, mereka sadar atau tidak itu sudah mempengaruhi nilai tukar mata uang negara mereka sendiri, karena di pasar valas sama seperti sistem pasar umumnya di mana ada kenaikan permintaan maka akan meningkatnya harga suatu permintaan tersebut. Dengan mereka bepergian ke luar negeri, maka mereka akan membutuhkan mata uang negara yang mereka tuju, sehingga akan meningkatkan permintaan mata uang negara tersebut. Begitu juga kalau semakin banyak turis yang masuk, maka akan terjadi kondisi sebaliknya.

5. Pengaruh dunia investasi

Dunia investasi sangat berperan penting dalam pengaruh fundamental ekonomi suatu negara, maka tidak heran negara yang dunia investasinya berkembang pesat maka menopang ekonomi negara bersangkutan sehingga bakal meningkatkan pula nilai tukar mata uangnya.

Dengan data - data di atas, maka sudah seharusnya ada kesadaran pada semua dalam memperbaiki ekonomi dan kualitas produk sehingga bakal mampu bersaing dengan negara lain yang sudah lebih maju agar dapat menjadi negara dengan perekonomian yang kuat dan bermanfaat bagi semua juga.

2018-09-02T16:26+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com