Kalkulatif.com

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Serta Tujuannya

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi Serta Tujuannya

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku individu dan kelompok masyarakat dalam membuat pilihan menggunakan berbagai cara untuk menghasilkan barang dan jasa.

Ruang lingkup ilmu ekonomi meliputi mikro dan makro. Kedua - duanya memberikan batasan dan asumsi yang lebih jelas, di mana mikro secara khusus mempelajari bagian - bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian, dan makro sebaliknya.

Analisis dalam teori ekonomi mikro antara lain meliputi perilaku pembeli (konsumen) dan produsen secara individua dalam pasar. Sikap dan perilaku konsumen tercermin dalam menggunakan pendapatan yang diperolehnya, sedangkan sikap dan perilaku produsen tercermin dalam menawarkan barangnya. Sedangkan ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai suatu keseluruhan yang berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien.

Ilmu ekonomi memerlukan alat analisis untuk menerangkan teori - teorinya dan untuk menguji kebenaran teori-teori tersebut. Grafik dan kurva adalah alat analisis yang utama, pada tingkat yang lebih mendalam matematika memegang peranan yang sangat penting. Selain itu, statistika juga diperlukan untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.

Tujuan - tujuan kebijakan ekonomi antara lain:

  1. Mencapai pertumbuhan ekonomi secara pesat
  2. Menciptakan kestabilan harga
  3. Mengatasi masalah pengangguran
  4. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

Ekonomi Terapan adalah suatu pola ekonomi yang mengambil konsep dalam teori ekonomi untuk menerapkannya dalam kebijakan ekonomi dengan tetap memperhatikan pada data dan fakta yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.

2018-08-31T04:54+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com