Kalkulatif.com

Proses Farmakokinetik: Teoritis dan Eksperimental

Proses Farmakokinetik: Teoritis dan Eksperimental

Farmakokinetik adalah ilmu dari kinetika absorbsi, distribusi dan eliminasi (ekskresi dan metabolisme) suatu obat. Deskripsi distribusi dan eliminasi obat sering di sebut disposisi obat.

Karakterisasi disposisi obat merupakan suatu persyaratan penting untuk penentuan atau modifikasi aturan pemberian dosis obat per individual dan non individual.

Setelah suatu obat di lepas dari bentuk sediaannya, obat akan di absorbsi ke dalam jaringan sekitarnya serta ke seluruh jaringan tubuh. Distribusi dan eliminasi obat dalam tubuh berbeda untuk setiap pemberian, tetapi dapat di karakterisasi dengan menggunakan model matematika dan statistika.

Studi farmakokinetika mencakup baik pendekatan eksperimental maupun teoritis. Aspek eksperimental farmakokinetika meliputi pengembangan teknik sampling biologis, metode analitik untuk pengukuran obat dan metabolit serta prosedur yang memfasilitasi pengumpulan dan manipulasi data.

Aspek teoritis farmakokinetika meliputi pengembangan model farmakokinetika yang memprediksi disposisi obat setelah pemakaian obat. Penerapan statistik merupakan suatu bagian integral dari studi farmakokinetika.

Metode statistika digunakan untuk mengestimasi parameter farmakokinetika dan akhirnya menginterpretasi data untuk maksud perancangan dan prediksi aturan dosis optimal per individual atau bukan.

Metode statistik diterapkan pada model farmakokinetika untuk menentukan kesalahan data dan penyimpangan model struktural. Matematika dan teknik komputer membentuk dasar teoritis dari beberapa metode farmakokinetik.

2018-09-30T10:14+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com