Kalkulatif.com

Perkiraan Biaya Kuliah S1

Perkiraan Biaya Kuliah S1

Terdapat beberapa macam biaya yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa untuk mendapat satu slot kursi perkuliahan yang diinginkan, baik itu kuliah di kampus negeri maupun kampus swasta.

1. UKT dan BOP

Uang kuliah tunggal (UKT) atau biaya operasional pendidikan (BOP) memiliki besarannya yang berbeda, tergantung kebijakan masing - masing kampus. Perbedaan mendasar antara UKT dan BOP adalah sistem penghitungan besaran biayanya. Kalau UKT, dihitung berdasarkan prinsip berkeadilan.

Biasanya ada enam kelompok biaya UKT, kelompok 1 biasanya sekitar Rp500.000, kelompok 2 sekitar Rp1.000.000, kelompok 3 sekitar Rp2.500.000, kelompok 4 sekitar Rp4.000.000, kelompok 5 sekitar Rp5.000.000, dan kelompok 6 sekitar Rp6.000.000.

Kalau BOP, prinsip yang digunakan biasanya berdasarkan pembagian ranah ilmu setiap jurusan, dan keperluan mahasiswa di setiap jurusan. Ranah ilmu per jurusan biasanya dibagi menjadi 4 kelompok, ranah sosial-humaniora, ranah sains, ranah rekayasa, dan ranah kedokteran.

2. Uang pangkal dan SKS

Di Kampus PTN, kebanyakan memang tidak membebankan mahasiswanya uang pangkal dan SKS, karena sudah termasuk ke dalam uang UKT dan BOP. Tetapi, bila masuk PTN lewat jalur masuk mandiri, biasanya akan ada biaya awal masuk semacam uang pangkal.

Sedangkan di kampus swasta, tidak ada kebijakan UKT atau BOP. Tiap PTS mengharuskan calon mahasiswa untuk membayar uang pangkal atau uang gedung. Biaya ini hanya dikeluarkan sekali aja selama perkuliahan, yaitu di awal kamu masuk.

Biaya ini hampir selalu muncul di rincian biaya PTS karena di PTS, pembiayaan dalam perkuliahan dan gedung ditanggung secara mandiri oleh institusi universitas, tanpa ada subsidi dari pemerintah seperti yang berlaku di PTN. Makanya PTN biasanya nggak ada uang pangkal.

Selain itu, kalau di PTS kamu biasanya diharuskan juga membayar uang semester yang besarannya tetap, semacam UKT juga. Uang semester ini akan dibayarkan sekali di tiap awal semester. Jumlahya bervariasi tiap universitas dan tiap jurusan. Selain biaya semester, di beberapa PTS kamu juga diharuskan untuk membayar biaya lainnya, yaitu biaya sistem kredit semester (SKS).

3. Biaya Tambahan Lain

Khususnya untuk jurusan teknik, kedokteran, atau yang ada di rumpun ilmu alam, hampir selalu ada aktivitas praktikum atau aktivitas di laboratorium yang dapat juga dibebankan biaya setiap mahasiswa.

2019-01-05T13:02+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com