Kalkulatif.com

Peringkat Utang Negara di Dunia

Peringkat Utang Negara di Dunia

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia mendapatkan kenaikan peringkat utang dari lembaga pemeringkatan utang resmi. Di mana kenaikan peringkat utang ini di peroleh saat indonesia memiliki pokok utang yang cukup besar.

Peringkat utang yang diperoleh dapat berfungsi untuk menggambarkan kondisi keuangan suatu negara terhadap beban utang yang di miliki. Semakin beban utangnya tinggi maka kondisi keuangan (ekonomi) juga terbebani.

Banyak faktor yang membuat suatu negara mendapatkan peringkat utang yang berbeda. Salah satunya adalah kebijakan moneter dan fiskal dalam mempertahankan kestabilan makroekonomi dan membangun fundamental di sektor keuangan secara kuat.

Hal - hal tersebut dapat membuat pengaruh yang cukup tinggi terhadap kuatnya menghadapi guncangan ekonomi ke depan. Usaha - usaha seperti mempertahankan batas defisit anggaran dari Produk Domestik Bruto (PDB) di nilai juga cukup mampu untuk membantu memberi pengaruh yang baik.

Defisit rendah yang terus berlanjut membuat beban utang menjadi rendah. Ketika digabungkan semuanya dengan tenor pendanaan yang panjang, maka dapat lebih mengurangi risiko keuangan.

Kredibilitas pada fokus kebijakan di bidang makroekonomi serta dengan di topangnya keuangan yang besar dapat mengurangi resiko depresiasi mata uang yang tajam dan berkelanjutan, sehingga lebih bisa dimanfatkan untuk mendapatkan pemeringkatan utang yang baik untuk negara.

2018-09-02T10:59+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com