Kalkulatif.com

Perhitungan Bunga Flat dan Anuitas

Perhitungan Bunga Flat dan Anuitas

Selama ini, bunga kredit sudah cukup bersaing di antara pihak - pihak yang berkecimpung dalam usaha finansial atau perbankan. Besaran bunga kreditnya sudah semakin kecil seiring makin banyaknya persaingan pada usaha pada bidang ini.

Bahkan, ada yang sampai menghadirkan bunga kredit di bawah angka 5% untuk bidang properti. Wow, ini merupakan langkah yang cukup berani yang sudah di ambil oleh perbankan tersebut. Sebelumnya, bidang properti tidak pernah bunga kreditnya di bawah angka itu.

Akan tetapi, bunga yang ditawarkan tersebut di hitung dengan menggunakan jenis perhitungan flat, di mana jumlah bunga yang harus dibayarkan setiap tahunnya akan sama dengan jumlah tahun - tahun sebelumnya, karena di hitung dari keseluruhan total pinjaman yang semula, tanpa mengurangi hasil pembayaran tahun sebelumnya dengan menghitung sisa pinjaman yang tersisa.

Tidak seperti bunga kredit dengan jenis perhitungan anuitas yang di hitung cuma dari sisa pokok pinjamannya saja, di mana bunga yang harus dibayarkan cuma sebesar persentase bunga dari sisa pinjaman yang masih tersisa. Sisa pinjaman ini di hitung dari hasil pengurangan seberapa besar pokok pinjaman yang sudah di bayar.

Jenis perhitungan bunga anuitas jelas lebih menguntungkan bagi konsumen daripada bunga flat. Tetapi, untuk jenis bunga anuitas masih tinggi persentase bunga yang ditawarkan oleh pihak jasa keuangan sampai sekarangdaripadi jenis bunga flat yang sudah ada di bawah angka 5%.

Jadi, diperlukan pertimbangan yang begitu matang sebelum memilih dan mengambil jenis bunga kredit yang seperti apa. dikarenakan adanya perbedaan yang cukup signifikan dalam pembayaran angsuran nantinya di antara kedua jenis bunga tersebut.

2018-09-02T15:14+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com