Kalkulatif.com

Pasar Saham (Modal) dan Cara Membeli Saham

Pasar Saham (Modal) dan Cara Membeli Saham

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki high return dan high risk yang begitu tinggi. Saham diperdagangkan di pasar saham (modal) yang bertujuan untuk mendapatkan dana segar dari investor publik untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan.

Pasar saham di kelola oleh otoritas yang di tunjuk oleh pemerintah untuk mengelola berjalannya pasar modal dengan baik dan optimal. Otoritas ini ditempatkan pada suatu kota - kota tertentu yang di anggap memiliki potensi yang besar pada dunia usaha untuk dikembangkan.

Investor yang berencana menginvestasikan dananya pada suatu perusahaan terlebih dahulu harus membuka rekening dana investor (RDI) pada broker saham yang sudah terdaftar. Broker saham ini pula nantinya yang akan menjadi jembatan bagi investor dalam melakukan aksi buy atau sell pada suatu perusahaan yang diinvestasikan.

Jasa broker saham ini akan mendapatkan biaya jasanya saat terjadi aksi beli atau jual dari para investor yang mereka kelola. Jumlah biaya broker saham beda - beda antara satu dengan yang lainnya, untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan menghubungi broker yang didaftarkan bersangkutan.

Membeli saham suatu perusahaan berarti seorang investor sudah memiliki sebagian aset pada perusahaan tersebut. Semakin berkembang perusahaan tersebut, maka dana investor yang tadinya diinvestasikan juga akan ikut bertambah. Selain itu, investor akan mendapatkan imbal hasil (dividen) atas laba perusahaan setiap tahun, bahkan ada beberapa perusahaan yang membagikannya per termin, tergantung kebijakan masing - masing perusahaan.

2018-09-02T15:53+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com