Kalkulatif.com

Model Farmakokinetika: Kompartemen, Mammiliary, Caternary dan Fisiologis

Model Farmakokinetika: Kompartemen, Mammiliary, Caternary dan Fisiologis

Suatu model farmakokinetika merupakan suatu hipotesis dengan menggunakan istilah matematika untuk menggambarkan hubungan kuantitatif secara ringkas.

Suatu fungsi farmakokinetika menghubungkan satu variabel bebas ke satu variabel terikat yang seringkali melalui penggunaan parameter - parameter.

1. Model kompartemen

Jika konsentrasi dan ikatan obat dalam jaringan diketahui, maka model farmakokinetika ini digunakan yang didasarkan atas jaringan sebenarnya dan aliran darah yang berkaitan satu sama lain serta dapat menggambarkan data secara lebih realistik. Satu kompartemen bukanlah satu bagian fisiologis atau anatomis, tetapi di hitung dari satu jaringan atau kumpulannya yang memiliki aliran darah dan daya afinitas obat yang sama.

2. Model mammillary

Model ini merupakan suatu sistem yang berhubungan sangat erat, karena dapat mengestimasi jumlah obat dalam berbagai sistem kompartemen setelah obat dimasukkan ke dalam suatu kompartemen tertentu. Tetapan lajunya dinyatakan dengan huruf k dalam suatu penggambaran sistem kompartemen. Ada dua jenis dalam model ini, yaitu sentral dan jaringan di mana sentral sering di sebagai model satu dan jaringan sebagai model dua.

3. Model Caternary

Model ini terdiri dari kompartemen - kompartemen yang tergabung dari satu ke dalam lainnya yang membentuk jadi satu deretan kompartemen. Oleh karena itu, model ini tidak digunakan sesering lainnya karena tidak dapat digunakan pada sebagian besar organ yang fungsional dalam tubuh yang secara langsung berhubungan dengan plasma.

4. Model fisiologis (aliran)

Model ini didasarkan pada data anatomis dan fisiologis tubuh, di mana dapat menggambarkan data secara kinetik, dengan pertimbangan bahwa aliran darah bertanggung jawab untuk distribusi obat ke berbagai jaringan tubuh. Sebaliknya untuk mengestimasi volume distribusi jaringan, digunakan volume jaringan sesungguhnya.

2018-09-30T10:08+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com