Kalkulatif.com

Mengapa Rupiah Bisa Melemah, Apa Solusinya ?

Mengapa Rupiah Bisa Melemah, Apa Solusinya ?

Hari ini, nilai tukar mata uang rupiah (IDR) indonesia mengalami kondisi pelemahan yang cukup tinggi terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (USD), pelemahannya mencapai hingga tembus level Rp 13.800 per USD. Data pelemahan terakhir ini merupakan pelemahan yang cukup besar yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini.

Di antara mata uang Asia lainnya, pelemahan rupiah sudah tercatat sebesar 0,7% dari penutupan sehari sebelumnya dibandingkan dengan USD yang semakin perkasa nilai tukar mata uangnya.

Meskipun, secara statistik year to date atau setahun belakangan rupiah bukan mata uang yang paling melemah terhadap dolar Amerika di dunia, karena ada 2 mata uang yang paling melemah lebih dalam lagi, yaitu Peso Filipina, dan Rupee India, tetapi ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian di masa yang akan datang.

Penyebab rupiah melemah per hari ini dikarenakan oleh banyak faktor, salah satunya disebakan oleh faktor mata uang dolar sendiri yang mengalami penguatan terhadap seluruh mata uang utama dunia, terutama seperti euro dan poundsterling, sehingga memberikan tekanan pada kebanyakan nilai tukar mata uang seluruh dunia, termasuk indonesia. Penguatan dolar AS terhadap mata uang dunia disebabkan oleh kenaikan dari jumlah surat utang pemerintah AS bertenor 10 tahun sebesar 9 basis poin dalam 3 hari terakhir ke level 2,9%.

Selain itu, nilai tukar rupiah melemah juga bisa disebabkan oleh kurangnya stimulan positif terhadap mata uang rupiah, seperti tingkat pertumbuhan ekonomi yang belum bisa lepas dari angka 5%. Dengan berkurangnya stimulan - stimulan seperti ini akan sangat membebani rupiah dalam bersaing dengan mata uang negara lainnya, terutama negara - negara yang sudah memiliki tingkat perekonomian yang kuat.

2018-09-02T10:35+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com