Kalkulatif.com

Mekanisme Pembagian Dividen Saham

Mekanisme Pembagian Dividen Saham

Dividen merupakan laba bersih suatu perusahaan publik yang di hitung selama setahun penuh yang menjadi hak untuk pemegang saham itu sendiri. Tetapi, terkadang dividen tidak di bagikan pada tahun - tahun tertentu, dikarenakan ada hal lain yang harus diprioritaskan dalam perusahaan setelah dilakukan RUPS sesuai kesepakatan.

Kesepakatan dilakukan dalam satu rapat yang dinamakan RUPS (rapat umum pemegang saham). Rapat ini dilakukan dalam setahun sekali dan diadakan di tempat perusahaan tersebut beroperasi.

Keseluruhan pemegang saham yang sudah menginvestasikan uangnya selama setahun penuh berhak memberikan suaranya dalam rapat tersebut untuk diperhitungkan dalam mencapai kesepakatan pembagian dividen dan kesepakatan lainnya.

Pembagian dividen bisa dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali, jadi terkadang dibagikan sepenuhnya dalam satu kali. Dalam pembagiannya, ada namanya per term di mana pembagiannya didasarkan pada tiap semester dalam satu tahun.

Dividen bukan hanya dibagikan dalam bentuk sejumlah uang, bisa dibagikan juga dalam bentuk penerbitan saham baru untuk di miliki investor tersebut. Hal seperti ini terjadi setelah sesuai dengan kesepakatan dalam rapat RUPS yang di sepakati.

2018-09-02T15:46+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com