Kalkulatif.com

Materi Kalkulus: Diferensial dan Integral

Materi Kalkulus: Diferensial dan Integral

Ilmu kalkulus adalah suatu alat yang digunakan untuk menganalisis data - data yang muncul secara kuantitatif.

Hasil dari analisis bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan kedua data yang di uji.

1. Kalkulus diferensial

Kalkulus diferensial merupakan suatu percabangan ilmu dari ilmu kalkulus tersebut yang menyangkut dengan pencarian perbedaan di mana kuantitas (jumlah) dari salah satu variabelnya berubah dari semula. Perubahan ini dapat di analisis menggunakan cabang ilmu kalkulus ini.

Sebagai contoh, sebanyak beberapa ml air dipanaskan dalam satu wadah pemanas, kemudian beberapa lama air akan mendidih dan terjadi penguapan sehingga air tersebut akan berkurang jumlahnya akibat dari penguapan tersebut. Banyaknya air tersebut di sebut sebagai terikatnya, dan yang menjadi variabel bebasnya adalah lama waktu pemanasan sehingga dapat terjadi penguapan.

2. Kalkulus integral

Ini juga cabang dari ilmu kalkulus lainnya. Cabang kalkulus ini kebalikan dari ilmu kalkulus diferensial. di mana ilmu ini didasarkan pada penjumlahan dari data yang di analisis. Penjumlahan di sini di artikan sebagai upaya integrasi dari sejumlah sampel dan di analisis dengan ilmu kalkulus integral ini.

Sebagai contoh, sebanyak beberapa ml air yang dipanaskan akan ada keterkaitan antara lama proses pemanasan hingga terjadi penguapan, di mana semakin lama proses pemanasan yang dijalankan, maka semakin berkurang pula banyaknya air akibat dari penguapan.

2018-09-02T15:18+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com