Kalkulatif.com

Macam-Macam Virus Biologi dan Penjelasannya

Macam-Macam Virus Biologi dan Penjelasannya

Inilah macam-macam jenis virus biologi yang dapat menyebabkan penyakit yang tentunya tidak diinginkan oleh semua orang.

Beberapa di antaranya adalah virus yang sangat sering menyebabkan penyakit pada manusia serta dengan penjelasannya.

1. Paramyxovirus: Gondongan

Pada penyakit gondong, virus paramyxovirus yang menyerang hanya memiliki asam ribo nukleat atau ARN sehingga akan mengakibatkan pembengkakan pada paratiroid di leher dan pada bagian bawah daun telinga.

2. Herpes simpleks: Herpes

Virus ini seringkali menetap di tubuh manusia dan suatu saat bisa aktif lagi. Saat virus ini aktif, gejala-gejala herpes genital akan kembali muncul.

3. HPAIV (highly pathogenic avian influenza virus)(H5N1): Flu burung

H5N1 adalah salah satu subtipe virus influenza yang menyebabkan penyakit flu burung. Virus ini menimbulkan penyakit pada banyak spesies vertebrata, termasuk manusia, dan berpeluang menjadi pandemik influenza.

4. Poliovirus: Poliomelitis

Poliovirus adalah virus RNA kecil yang terdiri atas tiga galur berbeda dan amat menular. Virus akan menyerang sistem saraf dan kelumpuhan dapat terjadi dalam hitungan jam.

5. Human Immunodeficiency Virus: AIDS

Human Immunodeficiency Virus adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan (imunitas) tubuh, sehingga tubuh menjadi lemah dalam melawan infeksi.

6. Varisela: Cacar air

Virus varicella adalah virus yang inangnya ini hanya terbatas pada manusia dan primata. Stuktur partikel virus varicella berukuran 120-300 nm.

Selain itu, ada lagi virus rubella yang menyebabkan campak, Coronavirus (SARS), Rhabdovirus (Rabies), Aphthovirus (Foot and mouth disease) dan dengue / flavivirus (Demam berdarah).

2018-09-16T13:44+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com