Kalkulatif.com

Macam - Macam Kelainan Organ Ginjal

Macam - Macam Kelainan Organ Ginjal

Inilah beberapa macam kelainan dari suatu organ ginjal di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan penyakit - penyakit yang tentunya tidak diinginkan.

Beberapa kelainan dari organ ginjal adalah antara lain:

1. Albuminuria

Albumin adalah sejenis protein yang fungsinya adalah untuk mencegah merembesnya cairan yang terdapat didalam darah yang akan keluar menuju ke jaringan yang lain.

2. Diabetes mellitus

Sejumlah penyakit yang mengakibatkan terlalu banyak kadar gula dalam darah (glukosa darah tinggi). Ditandai dengan berkurang produksi insulin (untuk arbsorpsi gula) sehingga gagal rearbsorpsi pada organ ginjal.

3. Diabetes insipidus

Gangguan garam dan metabolisme air ditandai dengan haus teramat sangat dan buang air kecil yang teramat sering. Penyebabnya ialah berkurangnya hormon antideuretik sehingga kurang rearbsorpsi air

4. Uremia

Uremia adalah kondisi berbahaya yang terjadi ketika ginjal tidak lagi menyaring dengan baik. Ini mungkin terjadi ketika seseorang berada pada stadium akhir penyakit ginjal kronis.

5. Anuria

Anuria adalah kondisi ketika ginjal tidak dapat memproduksi urine yang disebabkan oleh gagal ginjal, sehingga tidak bisa menghasilkan urine.

6. Nefritis

Peradangan nefron karena infeksi bakteri Streptococcus

7. Edema

Edema adalah akumulasi cairan di dalam jaringan yang menyebabkan tangan, pergelangan kaki, kelopak mata dan bagian tubuh lainnya membengkak. Edema disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, retensi garam, alergi atau penyakit serius lainnya.

8. Hematuria

Urine menganduk darah karena glomerulus rusak

9. Batu ginjal

Penimbunan asam urat sehingga benuk CaCO3

2018-09-16T14:14+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com