Kalkulatif.com

Macam - Macam Jaringan Ikat

Macam - Macam Jaringan Ikat

Jaringan ikat adalah suatu jaringan yang berfungsi sebagai pengikat serta penyokong dari bagian jaringan yang lain. Inilah beberapa jaringan ikat tersebut beserta dengan penjelasan rinciannya.

Inilah macam - macam jaringan ikat yang ada di dalam tubuh, antara lain:

a. Ikat sejati

jaringan ini dapat berfungsi sebagai pengikat ataupun penyokong jaringan atau organ lainnya yang terdiri dari kumpulan sel fibroblas, sel mast, sel makrofag, sel lemak, serat elastin, dan serat kolagen.

Ikat longgar :Membungkus organ

Contoh: Mesentrium, submukosa usus, subkutan kulit

Ikat Padat :Penghubung antar organ

Contoh: Selaput pembungkus otot, periosteum, ligamen, tendon

Tempat fotosintesis -> Palisade

b. Jaringan lemak

Penyusunnya adiposa dan dapat di temui di seluruh tubuh dan permukaan lemak

Fungsinya adalah:

-Mengatur suhu tubuh

-Menyimpan cadangan makanan

-Pelindung

c. Jaringan Tulang Rawan

Jaringan ini di sebut juga dengan kartilago, yaitu jaringan ikat padat yang agak kenyal dan elastis. Contoh struktur dalam tubuh manusia yang terdiri dari tulang rawan termasuk bagian dari gendang telinga, hidung dan tulang rusuk.

d. Jaringan tulang (osteon) -> Alat gerak pasif

Jaringan tulang adalah jenis jaringan ikat padat. Tulang memiliki berbagai bentuk dan ukuran dan memiliki struktur internal dan eksternal yang kompleks. Tulang sendiri terbentuk dari beberapa jaringan ikat yang berbeda, antara lain:

-Jaringan Tulang

-Periosteum

-Sumsum Tulang Merah

-Sumsum Tulang Kuning

-Endosteum.

e. Jaringan darah

Jaringan darah merupakan jaringan ikat dengan fungsi khusus. Hal ini dikarenakan fungsi dan struktur yang dimilikinya berbeda dengan jaringan ikat pada umunya. Namun demikian, jaringan darah berasal dari sel yang sama dengan jaringan ikat lainnya, yakni berasal dari sel - sel mesenkim (mesoderm). Seperti jaringan ikat lainnya, jaringan darah tersusun atas sel dan juga substansi dasar. Sel penyusun jaringan darah dibedakan menjadi tiga jenis, sementara substansi jaringan darah merupakan cairan yang disebut dengan plasma darah.

2018-09-11T15:00+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com