Kalkulatif.com

Macam - Macam Bioteknologi

Macam - Macam Bioteknologi

Bioteknologi adalah suatu cara dari penerapan teknik - teknik yang sesuai untuk mendayagunakan organisme (sel, jaringan makhluk hidup) dengan tujuan untuk memperoleh hasil seperti yang diinginkan.

Aspek dari bioteknologi yang menangani proses - proses dengan cara melibatkan mikroorganisme (bakteri, virus dan sebagainya) disebut dengan bioteknologi mikroba.

Ada beberapa macam - macam dalam ilmu bioteknologi, antara lain:

1. Fermentasi (bantuan mikroorganisme)

Fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik, akan tetapi, terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal.

2. Analisa genetika

Analisa genetik merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan studi baik pada tingkat morfologi, sel, biokimia, maupun molekuler lainnya (DNA, RNA).

3. Analisa DNA

Analisis DNA banyak digunakan untuk karakterisasi sifat genetik pada level molekuler yang secara langsung mencerminkan sifat genotip yang dimiliki oleh organisme tertentu. Analisa pada level ini jauh lebih akurat jika dibandingkan dengan analisa fenotip atau morfometrik.

4. Seleksi dan persilangan

Seleksi adalah memilih bibit yang bermutu tinggi yang dapat diturunkan pada anaknya. Sedangkan persilangan adalah cara alternatif untuk menghasilkan bibit seperti yang diharapkan dengan melakukan perkawinan silang.

5. Rekayasa genetika

Rekayasa genetika ialah suatu cara bioteknologi yang dapat meliputi manipulasi gen, cloning gen, DNA rekombinan, teknologi modifikasi genetik dan genetika modern.

6. Kultur jaringan

Kultur Jaringan adalah membudidayakan jaringan tanaman menjadi tanaman baru yang mempunyai sifat sama dengan induknya. Kultur Jaringan diartikan pula dengan memelihara dan menumbuhkan organ tanaman (embrio, tunas, bunga dan sebagainya) atau jaringan tanaman (sel, kalus, protoplast) pada kondisi aseptik.

2018-09-11T09:27+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com