Kalkulatif.com

Latar Belakang IMF dan Tujuannya

Latar Belakang IMF dan Tujuannya

International Monetary Fund (IMF) merupakan sebuah organisasi skala internasional dengan jumlah hingga sekarang sebanyak 189 negara dengan tujuan adalah mempererat kerja sama di bidang moneter global.

Tugas lainnya dari organisasi ini sebenarnya banyak, tugas lainnya meliputi memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan internasional, memperluas lapangan pekerjaan sekaligus pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, dan mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia.

Tetapi, mereka lebih di kenal sebagai sebuah organisasi atau sering juga dianalogikan sebagai perusahaan pemberi hutang kepada negara yang sedang berkembang atau bahkan tengah mengalami krisis.

Latar belakang IMF berasal dari sebuah organisasi yang bermarkas di Kota Washington. Tahun dibentuknya sekitar pada tahun 1944, kemudian diresmikan lagi pada tahun 1945 dengan jumlah semula sebanyak 29 negara anggota.

Sejak awal berdiri, Tujuannya adalah untuk menata ulang sistem pembayaran internasional. Sedangkan sumber dananya berasal dari negara anggota yang berpartisipasi. Dana inilah yang sering digunakan untuk memberi hutang kepada negara yang sedang kesulitan.

2018-09-02T14:27+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com