Kalkulatif.com

Klirens (Eliminasi) Obat

Klirens (Eliminasi) Obat

Klirens obat adalah istilah ilmu farmakokinetika untuk menggambarkan eliminasi obat dari tubuh tanpa mengindentifikasi mekanisme proses yang dilaluinya.

Jadi, sistem klirens berbeda dengan eliminasi yang menganalisis dengan menggunakan proses mekanismenya.

Klirens obat (klirens total) didasarkan pada seluruh tubuh dijadikan sebagai suatu sistem pengeliminasi zat - zat obat yang ada dalam tubuh yang di hitung secara satu kesatuan di mana dalam beberapa proses yang diidentifikasi sebelumnya bisa saja terjadi.

Sistem klirens obat diistilahkan dalam bentuk volume cairan yang dibersihkan dari zat obat yang di hitung per satuan waktu (mL/menit) untuk menggambarkan jumlah laju eliminasi zat obat dengan jumlah zat obat yang dibersihkan dari dalam tubuh.

Konsep paling sederhana dari klirens adalah dengan memposisikan tubuh sebagai suatu ruang yang mengandung volume cairan tubuh tertentu di mana zat obat tersebut dapat terlarut sempurna. konsep ini dapat lebih memudahkan dalam memahami sistem klirens yang bekerja di dalam tubuh.

Untuk dapat mengetahui seberapa besar klirens di dalam tubuh seseorang, seringkali digunakan parameter dari berat tubuh. Oleh karena itu, pemberian obat untuk per individual akan dipertimbangkan dengan parameter ini sehingga dapat menjamin keamanan pada pemberian suatu dosis obat.

2018-09-30T09:54+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com