Kalkulatif.com

Kelebihan Asam Urat (Hyperuricemia) dan Penyakitnya

Kelebihan Asam Urat (Hyperuricemia) dan Penyakitnya

Dalam permasalahan kadar asam urat di dalam tubuh akan di temui tentang level serum asam urat, Sebab dan faktor resikonya, gejala dan komplikasi serta penatalaksanaannya.

Saat kita membuat air kecil (urin), tubuh kita akan mengeliminasi cairan yang berisi air dan garam yang di sebut sebagai urea kimia dan asam urat.

Asam urat paling banyak di produksi secara alami di dalam tubuh. Pembentukannya berasal dari makanan yang terkonversi saat tengah istirahat. Komposisi asam urat dari makanan di sebut dengan purin.

Asam urat akan banyak larut ke dalam darah, lalu menuju ke ginjal untuk diekresikan melalui urin. Normalnya, seseorang yang stabil kadar (level) serum asam urat berada pada range 4 sampai 6,8 mg/dl, serta total kadar asam urat di dalam tubuh sebanyak 1000mg.

Umur, jenis kelamin dan suku adalah beberapa hal sangat berpengaruh terhadap hyperuricemia. Misalnya pria lebih beresiko daripada wanita dan suku afrika lebih beresiko dibandungkan dengan suku lainnya.

Faktor resiko lainnya juga termasuk masalah ketidakmampuan ginjal, gejala metabolisme tidak lancar, diet ekstrim yang menaikkan jumlah komposisi purin, konsumsi obat seperti golongan thiazida, diuretik dan dosis rendah aspirin, kemoterapi dan diabetes.

Pada beberapa kasus, hyperuricemia tidak menimbulkan gejala atau masalah serius. hyperuricemia atau kelebihan asam urat akan menjadi masalah saat bentuknya sudah berubah menjadi kristal.

Penatalaksanaan hyperuricemia bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin, seperti ikan sarden, minuman beralkohol, makanan atau minuman mengandung banyak gula.

Sebagai gantinya bisa di ganti dengan mengonsumsi yang rendah kadar purin, seperti susu, telur, tomat dan sayuran lainnya, kacang - kacangan serta buah jeruk.

Selain itu juga sering memperbanyak konsumsi air putih untuk memudahkan organ ginjal dalam mengeliminasi kadar asam urat yang berlebih di dalam tubuh.

2018-10-18T15:29+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com