Kalkulatif.com

Kebutuhan Pangan Indonesia

Kebutuhan Pangan Indonesia

Kebutuhann pangan merupakan salah satu kebutuhan primer hidup di antara sandang dan papan. Jenis kebutuhan amat penting untuk masyarakat, pemerintah terus berupaya untuk membenahi sektor ini.

Pembenahan yang dilakukan meliputi pemberdayaan petani, mengurangi kesenjangan produksi antar wilayah serta memastikan pasar yang terkendali dan menguntungkan bagi para petani dan konsumen.

Dalam hal ini, Kementerian Pertanian mencatat kebutuhan konsumsi beras sebagai makanan pokok Indonesia mencapai sebesar 2,5 juta ton per bulan. Maka tak bisa dipungkiri, setiap tahunnya pemerintah selalu membuka keran impor terhadap produk nabati ini.

Keragamanan hayati di Indonesia masih belum mampu dimaksimalkan oleh para petani dan pemerintah, sehingga kebutuhan primer ini selalu mengalami defisit atas permintaan dari masyarakat.

Salah satu dari keragaman hayati di Indonesia ialah keberadaan komoditas beras jelai di Kalimantan. Komoditas seperti ini perlu dikembangkan lebih lanjut untuk menutupi kekurangan pasokan yang ada.

2018-12-17T17:09+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com