Kalkulatif.com

Kartu Kredit Digital Sebagai Alternatif Pembayaran

Kartu Kredit Digital Sebagai Alternatif Pembayaran

Kini, sudah muncul jenis kartu kredit digital yang mulai bisa digunakan oleh para konsumen sekarang ini sebagai alat (tukar) pembayaran alternatif dari kartu kredit lama (konvensional) ataupun uang secara fisik. Jenis kartu kredit semacam ini dikeluarkan oleh perusahaan - perusahaan berbasis financial technology (fintech) yang bisnis utamanya di bidang teknologi digital.

Kartu kredit digital dinilai lebih mirip dengan produk personal loan atau kredit tanpa agunan (KTA) dibandingkan dengan kartu kredit biasa yang sudah beredar sejak lama untuk kepentingan pembayaran.

Namun, setelah diluncurkan mereka langsung masuk ke pasar merchant, sehingga dapat menjadi pesaing dengan produk kartu kredit lama. Bahkan, mereka tidak tanggung - tanggung dengan terus masuk secara lebih agresif ke pasar yang lebih komplit, seperti e-commerce dan lainnya.

Peluncuran kartu kredit digital tersebut bertujuan untuk menyasar segmen yang belum memiliki kartu kredit karena kesulitan untuk memilikinya, sehingga ini bisa menjadi sebagai alternatif kredit yang bisa didapatkan.

Saat ini kartu kredit digital belum cukup bisa mengeser produk kartu kredit konvensional, dikarenakan dari sisi harga bunga yang ditawarkan masih cukup tinggi, sedangkan kartu kredit lama dari bank di sejumlah merchant sudah banyak yang menawarkan cicilan dengan bunga 0%.

Walaupun demikian, target pasar di bisnis kartu kredit ini sangat luas, sehingga tidak bisa di ambil dari beberapa indikator saja. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen dalam memilih salah satu dari dua jenis kartu kredit ini.

2018-09-02T11:02+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com