Kalkulatif.com

Kandungan Glikosida Pada Alam

Kandungan Glikosida Pada Alam

Perkembangan zaman membuat ilmu pengetahuan semakin berkembang, begitu pula dengan ilmu kefarmasian. Ditemukan begitu banyak senyawa - senyawa aktif secara alamiah yang dapat dimanfaatkan keberadaannya untuk memenuhi sarana pengobatan berbagai macam penyakit.

Salah satu diantaranya adalah kandungan glikosida dan steroida yang memiliki komponen kimianya bisa didapatkan dalam suatu tumbuhan. Steroid adalah suatu senyawa organik lemak sterol yang tidak dapat terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena.

Glikosida banyak terdapat dalam alam. Glikosida merupakan salah satu kandungan aktif tanaman yang termasuk dalam kelompok metabolit sekunder. Di dalam tanaman, glikosida tidak lagi diubah menjadi senyawa lain, kecuali bila memang mengalami peruraian akibat pengaruh lingkungan luar. Glikosida terdiri atas gabungan dua bagian senyawa, yaitu gula dan bukan gula. Keduanya dihubungkan oleh suatu bentuk ikatan berupa jembatan oksigen (O - glikosida, dioscin), jembatan nitrogen (N-glikosida, adenosine), jembatan sulfur (S-glikosida, sinigrin), maupun jembatan karbon (C-glikosida, barbaloin). Bagian gula biasa disebut glikon sedangkan bagian bukan gula disebut sebagai aglikon atau genin. Apabila glikon dan aglikon saling terikat maka senyawa ini disebut sebagai glikosida.

Menyadari bahwa glikosida sebagai salah satu kandungan aktif tanaman dan perlunya pemahaman yang memadai tentang senyawa ini, dengan kandungan senyawa glikosida yang merupakan senyawa alamiah yang biasa digunakan dalam bidang kefarmasian dan lainnya serta cukup dikenal luas pemanfaatannya dalam bidang tersebut.

2018-09-29T10:51+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com