Kalkulatif.com

Jenis - Jenis Franchise Atau Waralaba

Jenis - Jenis Franchise Atau Waralaba

Bisnis waralaba adalah bisnis di mana pemilik, atau "pemilik waralaba", menjual hak atas logo, nama, dan model bisnis mereka ke outlet ritel pihak ketiga, yang dimiliki oleh operator pihak ketiga yang independen, yang disebut "franchise".

Waralaba adalah cara yang sangat umum untuk melakukan bisnis. Bahkan, sulit untuk mengemudi lebih dari beberapa blok di sebagian besar kota tanpa melihat bisnis waralaba. Contoh model bisnis waralaba terkenal termasuk McDonalds, Alfamart, Indomaret, dan sebagainya.

Untuk berinvestasi dalam waralaba, franchisee terlebih dahulu harus membayar biaya awal untuk hak bisnis, pelatihan, dan peralatan yang diperlukan oleh waralaba tertentu. Setelah bisnis mulai beroperasi, pemilik waralaba umumnya akan membayar pemilik waralaba pembayaran royalti yang berkelanjutan, baik secara bulanan, triwulanan, atau tahunan. Pembayaran ini biasanya dihitung sebagai persentase dari penjualan kotor operasi waralaba.

Setelah kontrak ditandatangani, pemegang waralaba akan membuka replika bisnis waralaba, di bawah arahan pemilik waralaba. Franchisee tidak akan memiliki kendali atas bisnis seperti yang dia miliki atas model bisnis mereka sendiri, tetapi dapat mengambil manfaat dengan berinvestasi pada merek yang sudah mapan.

Franchise atau waralaba terdiri dari beberapa jenis, antara lain waralaba kepemilikan penuh dan kepemilikan sebagian dari aset yang diwaralabakan. Di mana keduanya terdapat perbedaan biaya dan pembagian komisi yang berbeda.

2019-01-09T15:08+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com