Kalkulatif.com

Initial Public Offering (IPO) dalam Pasar Modal

Initial Public Offering (IPO) dalam Pasar Modal

Initial public offering (IPO) adalah proses penjualan pertama saham dari sebuah perusahaan yang ditawarkan kepada investor di pasar modal. Perusahaan yang berencana melakukan ipo akan di sebut sebagai perusahaan publik, perusahaan ini akan menerbitkan saham - saham dalam jumlah tertentu untuk diperdagangkan. Tetapi, setelah itu perusahaan bisa juga mengeluarkan saham lagi, bila disetujui oleh pemegang saham dalam RUPS nanti.

Dalam melakukan IPO, perusahaan tersebut akan menentukan suatu lembaga atau perorangan untuk menjamin penawaran saham tersebut dan juga ahli hukum korporat untuk membantu mencatat deskripsi perusahaan dan potensi yang dimilikinya.

Dalam penjualan saham, manajemennya akan dilakukan oleh pihak berwajib dalam hal pengaturan finansial atau biasa disebut dengan bursa saham. Bursa saham inilah yang bertugas untuk mengatur jalannya pasar modal tersebut. Baik yang berkaitan dengan aksi jual saham maupun aksi beli saham sebuah perusahaan kepada para investor. Biasanya di setiap kota besar yang kekuatan ekonominya besar akan ada bursa saham yang akan memonitor pasar saham itu sendiri.

Alasan perusahaan melakukan listing saham di pasar modal karena dengan keuntungan dari banyak hal, hal - hal tersebut di antaranya :

1. Sumber Pendanaan Baru

Dengan menjadi perusahaan yang tercatat di pasar modal, maka perusahaan tersebut akan memperoleh pendanaan baru dari investor yang membeli perusahaan tersebut.

2. Tingkat Kompetitif

Kebanyakan dari dunia usaha apapun selalu ada kompetisi satu sama lain, perusahaan yang sudah melakukan IPO akan mendapat nilai kompetitif perusahaan lebih meningkat.

3. Merger atau Akuisisi.

Kemudahan mengambil langkah merger dengan perusahaan lain atau bahkan di akuisisi oleh perusahaan menjadi satu alasan yang cukup bisa di mengerti.

4. Fundamental Perusahaan

Perusahaan yang sudah memiliki fundamental finansial yang kuat akan lebih dapat menghindari dari kebangkrutan. Ini menjadi salah satu alasan yang penting perusahaan melakukan IPO.

5. Langkah Promosi Alternatif

Perusahaan yang sudah ipo akan diuntungkan dengan adanya banyak investor yang ada di pasar modal tersebut, sehingga akan di peroleh benefit promosi terhadap perusahaan itu sendiri.

2018-09-02T11:31+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com