Kalkulatif.com

Ilmu Biokimia dan Cakupannya

Ilmu Biokimia dan Cakupannya

Biokimia berasal dari kata bio (hidup) dan kimia. Biokimia adalah ilmu yang membahas tentang dasar - dasar kimia dari organisme hidup. Biokimia juga dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang zat - zat kimia penyusun tubuh makhluk hidup, serta reaksi - reaksi dan proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup tersebut.

Ilmu biokimia mencakup ke dalam berbagai pembahasan ilmu biologi sel dan ilmu biologi molekuler. Cakupan ke dua ilmu tersebut akan sering di temui pada ilmu biokimia ini, di mana biologi sel mempelajari tentang sel - sel yang ada dalam makhluk hidup, sedangkan biologi molekuler mempelajari tentang molekul - molekul pada suatu zat secara biologi.

Di dalam suatu tubuh makhluk hidup terdapat berbagai proses metabolisme. Reaksi dan proses kimia metabolisme ini berlangsung didalam tubuh makhluk hidup atau didalam sel secara terus menerus dan berkesinambungan.

Dalam ilmu biokimia akan di bahas seluruh proses kimia yang ada pada tubuh makhluk hidup, berupa tataran molekuler, fisiologi, bioteknologi, genetika, imunologi, mikrobiologi, bahkan taksonomi dan paleonthologi.

Sebelum masuk kepada materi biokimia, sebaiknya terlebih dahulu memahami struktur sel dan fungsi bagian-bagian sel, dikarenakan tanpa memiliki pemahaman yang memadai tentang struktur sel akan cukup sulit untuk memahami selanjutnya bagaimana satu proses biokimia berlangsung di dalam kompartemen - kompartemen tertentu di dalam sel.

Setelah itu akan diuraikan tentang berbagai jenis molekul penyusun tubuh makhluk hidup, terutama molekul - molekul berukuran besar yang merupakan hampir 90% dari zat padat penyusun tubuh makhluk hidup. Molekul-molekul ini lazim disebut biomakromolekul.

Selain itu, berbagai proses metabolisme dari biomakromolekul - biomakromolekul merupakan pokok materi biokimia lainnya, termasuk tentang molekul - molekul yang berperan dalam pengendalian metabolisme, yaitu enzim dan hormon. Biosintesis protein yang merupakan manifestasi dari ekspresi gen secara khusus juga termasuk dalam ilmu biokimia.

2018-09-11T10:52+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com