Kalkulatif.com

Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran

Pasar adalah tempat dimana sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur berjalan dengan tujuan utama menjual barang dan jasa. Barang dan jasa yang dijual atau ditawarkan dengan maksud dapat memperoleh keuntungan. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari aspek perekonomian.

Persaingan dalam pasar perdagangan sudah menjadi suatu akibat mutlak satu dengan lainnya. Terlebih, banyaknya permintaan pasar terhadap suatu barang - barang tertentu, maka akan semakin memperbesar pula kompetisi perdagangan pada barang tersebut, sehingga pada akhirnya konsumen yang akan diuntungkan dari kondisi seperti ini.

Semakin banyak permintaan terhadap suatu barang, maka akan semakin banyak tinggi pula harga penawaran di pasar, terlebih juga bila barang yang tersedia dalam jumlah yang terbatas. Begitu juga sebaliknya, sedikit permintaan maka harga penawaran akan murah atau rendah. Ini sudah menjadi semacam hukum dasar harga di pasar yang sudah berlaku sejak lama.

Permintaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor - faktor. Faktor yang dapat mempengaruhinya antara lain :

1. Tingkat inflasi

2. Pendapatan per kapita

3. Barang yang ditawarkan

4. Kualitas barangnya

6. Waktu

7. Jumlah Penduduk

8. Spekulasi pasar

Selain itu, nilai tukar mata uang juga sangat mempengaruhi kenaikan harga dari suatu barang. Apalagi, barang tersebut berasal dari impor negara luar yang membutuhkan valuta asing dalam setiap proses impornya. Sedangkan barang yang terekspor keluar negeri juga akan menguntungkan pihak pengekspor dalam negeri akibat dari nilai tukar valuta asing yang naik.

2018-09-02T11:15+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com