Kalkulatif.com

Farmakokinetik dan Farmakodinamik

Farmakokinetik dan Farmakodinamik

Interaksi dari suatu molekul obat dengan suatu reseptor yang didahului oleh berbagai proses farmakokinetik dapat menyebabkan inisisiasi suatu rangkaian kejadian secara molekuler yang akan menghasilkan respon farmakodinamik di dalam suatu jaringan reseptor tubuh.

Proses farmakokinetik dan farmakodinamik saling berhubungan satu sama lain, di mana farmakokinetik bertugas sebagai penyedia bahan aktif dengan menyiapkannya mulai dari obat masuk ke dalam tubuh dan memproses dalam berbagai proses menjadi bahan aktif yang akan didistribusikan ke dalam suatu jaringan reseptor dan kemudian di terima oleh proses farmakodinamik pada reseptor tersebut untuk memberikan efek terapi yang diinginkan.

Proses farmakokinetik sangat mempengaruhi farmakodinamik dalam memberikan efek terapi pada reseptor, dikarenakan respon yang diberikan pada proses farmakodinamik sangat bergantung pada struktur kimia molekul obat yang dihasilkan oleh proses farmakokinetik tersebut.

Sifat interaksi ini, pada umumnya bersifat reversibel di mana satu atau beberapa molekul obat dapat berinteraksi secara simultan pada jaringan reseptor dengan cara mengikat molekul obat tersebut ke dalamnya untuk menghasilkan suatu respon efek terapi farmakologis.

Kompleksitas dari proses molekuler tersebut terjadi pada proses farmakokinetik yang cukup rumit. Tetapi, proses ini dapat disederhanakan dengan di buat ke dalam beberapa pemodelan, langkah seperti ini dapat menghasilkan data gambaran di setiap prosesnya secara kuantitatif. Pemodelan ini juga dapat dilanjutkan dengan mengkombinasikannya dengan proses farmakodinamik sehingga akan memperoleh data farmakokinetik-farmakodinamik yang jelas.

2018-09-30T09:51+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com