Kalkulatif.com

Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Sifat enzim sangat dipengaruhi oleh beberapa kondisi pada lingkungannya, sehingga akan dapat menyebabkan kerja enzim optimal atau terganggu proses kerjanya.

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi kerja enzim.

1. Temperatur

Enzim memiliki rentang temperatur tertentu agar dapat bereaksi dengan optimal. Semakin temperatur enzim itu tinggi, maka akan semakin membuat enzim rusak (terdenaturasi). Adapun pada temperatur yang rendah, enzim akan berada pada kondisi inaktif (tidak aktif). Enzim akan bekerja kembali dengan adanya kenaikan temperatur yang sesuai.

2. Nilai pH

Nilai pH pada enzim juga dapat memengaruhi optimasi kerja enzim. Hal ini berkaitan erat dengan lokasi enzim yang bekerja terhadap suatu substrat. Pada umumnya, enzim akan bekerja optimum pada pH 6 sampai 8. Jika enzim berada pada kondisi pH yang tidak sesuai, maka enzim dapat berada pada keadaan inaktif.

3. Konsentrasi Substrat

Konsentrasi substrat yang lebih tinggi berarti lebih banyak jumlah molekul substrat yang terlibat dengan aktivitas enzim. Sedangkan konsentrasi substrat yang rendah berarti lebih sedikit jumlah molekul substrat yang dapat melekat pada enzim, menyebabkan berkurangnya aktivitas enzim. Tetapi ketika laju enzimatik sudah mencapai maksimum dan enzim sudah dalam kondisi paling aktif, peningkatan konsentrasi substrat tidak akan memberikan perbedaan dalam aktivitas enzim. Dalam kondisi seperti ini, di sisi aktif semua enzim terus terdapat substrat, sehingga tidak ada tempat untuk substrat ekstra.

4. Konsentrasi Enzim

Bila semakin besar konsentrasi enzim tertentu, maka akan semakin mempercepat pula kecepatan reaksi. Konsentrasi enzim memiliki hukum yang berbanding lurus dengan kecepatan suatu reaksi.

5. Aktivator / Inhibitor

Aktivator merupakan molekul yang membantu enzim agar mudah berikatan dengan substrat. Sedangkan inhibitor adalah substansi yang memiliki kecenderungan untuk menghambat aktivitas enzim.

2018-09-11T09:17+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com