Kalkulatif.com

Faktor - Faktor yang Menyebabkan Diabetes Melitus

Faktor - Faktor yang Menyebabkan Diabetes Melitus

Diabetes melitus disebabkan oleh kekurangan hormon insulin yang berfungsi memungkinkan glukosa masuk ke dalam sel untuk dimetabolisme dan kemudian dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Akibatnya adalah glukosa menumpuk di dalam darah (hiperglikemia) dan akhirnya diekskresikan lewat kemih tanpa digunakan (glikosuria). Karena itu, produksi kemih sangat meningkat dan penderita sering berkemih, merasa amat haus, berat badan menurun dan merasa lelah.

Penyebab lain diantaranya :

a. Faktor genetik

Mutasi genetik ketika janin masih dalam kandungan ibu bisa menyebabkan bayi itu terkena diabetes, yang dinamakan neonatal diabetes.

b. Faktor nutrisi di dalam rahim

Nutrisi yang buruk ketika janin itu masih dalam kandungan ibunya, membuat si bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Gizi yang buruk ini bisa mengganggu pertumbuhan sel beta pankreas. Tetapi ketika kemudian si bayi itu diberikan makanan dengan gizi yang baik, terjadilah over nutrition, sehingga timbul resistensi insulin, karena insulin tubuh "kewalahan" menghadapi makanan dengan kalori yang berlebihan itu. Akibatnya, diabetes tipe 2 timbul.

c. Faktor obesitas

Orang gemuk membutuhkan lebih banyak insulin dari pada orang normal.

d. Faktor kurang gerak badan

Aktivitas fisik atau olahraga memperbaiki kerja insulin, insulin menjadi lebih sensitif, dan gula darah bisa turun.

e. Faktor Otoimun

Otoimun artinya semacam reaksi alergi terhadap sel tubuh sendiri, sehingga menyebabkan kerusakan sel beta dari pankreas. Pada pasien diabetes tipe 2 yang berusia muda bisa ditemukan adanya Islet Cell Antibody (ICA) dan Glutamic Acid Dehydrogenase Antibody (GADA) dalam darahnya. Antibodi ini timbul sebagai akibat dari reaksi alergi tadi. Adanya antibodi ini menandakan pasien diabetes akan membutuhkan insulin sebagai pengobatannya dikemudian hari, artinya berangsur-angsur menjadi bergantung pada insulin (seperti tipe 1).

f. Faktor Gangguan Hormon

Ciri seseorang mengalami diabetes dikarenakan faktor gangguan hormon salah satunya timbul Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), yaitu terdapat banyak kista atau kantong air di dalam indung telur, ternyata mengalami penurunan kerja insulin terhadap metabolisme glukosa sebanyak 40% sehingga gula darahnya naik. Hal ini diduga ada hubungannya dengan hormon androgen hiperaktif.

2018-09-22T10:58+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com