Kalkulatif.com

Enam Hal yang Termasuk Dalam Menyusun Rencana Bisnis


Enam Hal yang Termasuk Dalam Menyusun Rencana Bisnis

Setelah mengetahui aturan penulisan rencana bisnis, maka perlu juga di ketahui rincian hal yang termasuk ke dalam sebuah rencana bisnis. Hal - hal tersebut berkaitan erat dengan komposisi dari semua bidang keuangan dan tambahan sumber daya yang dapat dimanfaatkan.

Sebuah rencana bisnis merupakan suatu alat untuk membantu dalam membangun sebuah bisnis menjadi lebih baik, bukan hanya untuk kerja tugas semata. Rencana bisnis yang baik adalah sesuatu yang didokumentasikan dengan basis yang rapi dan teratur, serta memperbaharuinya dengan mempelajari lebih banyak perilaku pelanggan, penjualan, taktik marketing, perhitungan anggaran dan prediksinya ke depan. Inilah 6 hal yang termasuk dalam menyusun rencana bisnis, antara lain sebagai berikut:

1. Ringkasan bisnis
Ini merupakan gambaran umum bagaimana bisnisnya dijalankan. Penulisan ringkasan ini idealnya dapat di buat dalam satu atau dua halaman saja.

2. Peluang
Pada tahap ini, rencana bisnis yang sudah di buat harus mampu menjawab apa yang sebenarnya di jual dan bagaimana dalam penanganan masalah yang mungkin akan muncul di pasar nantinya serta siapa yang akan menjadi target pasar dan kompetitornya.

3. Eksekusi
Pada tahap selanjutnya ini juga harus meng-cover persoalan bagaimana caranya mengambil peluang yang ada dan mengeksekusinya ke dalam sebuah bisnis yang potensial. Hal ini juga termasuk persoalan rencana penjualan, operasional dan pengukuran tingkat keberhasilannya.

4. Tim dan perusahaan
Investor akan melirik pada sebuah tim yang hebat dengan ide - ide yang brilian. Gunakan deskripsi yang baik untuk tim kerja pada perusahaan. Bisa dengan menyajikannya seperti gambaran umum tentang struktur perusahaan, lokasi dan rekam jejak personal yang jelas.

5. Rencana keuangan
Sebuah rencana bisnis dapat di anggap tidak lengkap bila tanpa menyertakan rencana keuangan. Rencana keuangan dapat berupa apapun yang termasuk ke dalam rencana keuangan yang di buat.

6. Lampiran
Bila pada sebuah produk perlu ditambahkan gambar atau informasi penting lainnya, gunakan lampiran yang dapat menggambarkan produk tersebut. Langkah seperti ini di anggap dapat membantu pelanggan dalam memahami produk yang di jual.

2018-08-28T12:02+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com