Kalkulatif.com

Diabetes dan Penyebabnya

Diabetes dan Penyebabnya

Penyakit diabetes telah di alami oleh hampir keseluruhan negara. Penyakit ini cukup mematikan bila tidak langsung ditangani dengan benar dan tepat. Pengobatannya juga akan membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Penyakit diabetes melitus atau kencing manis disebabkan oleh multifaktor, keturunan merupakan salah satu faktor penyebab. Selain keturunan masih diperlukan faktor-faktor lain yang disebut faktor pencetus, misalnya adanya infeksi virus tertentu, pola makan yang tidak sehat, stres, makan obat - obatan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan sebagainya.

Gejala penyakit kencing manis sangat bervariasi, dapat timbul secara perlahan - lahan hingga penderita tidak menyadari terdapatnya perubahan dan baru dapat ditemukan pada saat pemeriksaan penyaring atau pemeriksaan untuk penyakit lain.

Tetapi gejala - gejala diabetes dapat juga timbul mendadak secara dramatis sekali. Gejala - gejala umum yang dapat ditemukan pada penderita kencing manis adalah rasa haus yang berlebihan, sering kencing terutama pada malam hari, berat badan turun dengan cepat, cepat merasa lapar, timbul kelemahan tubuh, kesemutan pada jari tangan dan kaki, gatal - gatal, penglihatan jadi kabur, luka atau bisul yang sukar sembuh dan keputihan.

Prevalensi diabetes melitus berdasarkan diagnosis dokter dan gejala meningkat sesuai dengan bertambahnya umur, namun mulai umur lebih dari 65 tahun cenderung menurun. Prevalensi DM cenderung lebih tinggi pada masyarakat dengan tingkat pendidikan tinggi dan dengan kuintil indeks kepemilikan tinggi.

2018-09-22T11:13+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com