Kalkulatif.com

Dampak Penguatan Dolar Terhadap Pasar Domestik

Dampak Penguatan Dolar Terhadap Pasar Domestik

Harga mata uang USD dolar sudah menembus lebih dari angka Rp 14.000 per satu dolar. Hal ini, otomatis akan memberikan beberapa dampak terhadap pasar secara keseluruhan di pasar domestik Indonesia. Dampak yang paling dirasakan adalah dari produk - produk yang dijual atau bahan dasarnya berasal dari impor negara lain.

Oleh sebab itu, di dalam pasar domestik sendiri akan berdampak cukup besar. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Produk Jadi

Mulai dari elektronik, gadget, hingga alat kesehatan yang di impor akan terdampak dengan sendirinya. Penyesuaian harga otomatis akan dilakukan oleh pelaku bisnis ini untuk menghindari kerugian akibat dari pelemahan nilai tukar rupiah tersebut.

2. Harga Saham Bergejolak Tinggi

Dampak selanjutnya ialah bakal menyebabkan Harga saham bergejolak cukup tinggi di dunia pasar modal seiring dengan pelemahan nilai mata uang negara tersebut. Dikarenakan, adanya ketakutan di pihak investor, terutama investor asing dalam menempatkan dan investasinya pada negara bersangkutan. Bahkan, investor akan melakukan langkah aksi jual secara masif, sehingga akan membuat gejolak indeks saham tersebut dengan secara cukup signifikan.

3. Sektor Makanan dan Minuman

Pelemahan nilai tukar rupiah langsung berdampak pada biaya bahan baku impor untuk makanan. Sebagian besar bahan baku tersebut yang di impor seperti gandum dan tepung terigu akan terkena langsung imbasnya akibat dari pelemahan nilai tukar ini. Selain gandum dan tepung terigu, bahan baku pembuatan plastik kemasan pun terkena dampaknya. Pada akhirnya, harga jual makanan dan minuman dalam kemasan berpotensi naik.

4. Sektor Suku Cadang (Sparepart) Otomotif

Suku cadang yang rata - rata berasal dari impor membuat harga suku cadang mengalami kenaikan sekitar 10%. Akibatnya, naiknya harga sparepart impor ini akan mempengaruhi penjualan suku cadang tersebut. Meskipun, kenaikan harganya tidak selalu disebabkan oleh gejolak di mata uang,seperti dari stok yang terbatas, tetapi tetap akan berdampak terhadap melesunya penjualan.

2018-09-02T10:13+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com