Kalkulatif.com

Contoh Kasus Akuisisi Perusahaan

Contoh Kasus Akuisisi Perusahaan

Perusahaan - perusahaan besar dunia maupun lokal sudah sering melakukan akuisisi perusahaan lain yang di nilai berpotensi besar. Sebut saja sebagai contoh kasus, terbaru dari Grab mengakuisisi Uber. Mereka (uber) telah sepakat menjual bisnisnya di kawasan Asia Tenggara kepada Grab dengan tujuan memperbaiki bisnisnya secara global, dan berencana melakukan listing saham di bursa tahun depan. Bagaimana dampak bisnis tersebut selanjutnya, setelah proses akuisisi perusahaan selesai dilakukan ?.

Bagi karyawan perusahaan yang menjadi objek akuisisi, maka otomatis akan dialihkan kepemilikan kontrak kerjanya bersama perusahaan pengakuisisi baru. Atau, pilihan lain memutuskan kontrak kerja dengan tidak menyetujuinya. Bila masih mau tetap bertahan dengan perusahaan beru tersebut, skema prosedur karyawan juga akan berubah, baik prosedur kerja maupun prosedur penggajian karyawan.

Seluruh perubahan tersebut sangat bergantung pada ketentuan perusahaan tersebut. Perubahannya akan terjadi dari kalangan karyawan bawah hingga yang sudah memiliki jabatan atas. Semuanya akan dilakukan di mulai dengan pendaftaran ulang bagi karyawan yang masih ingin bertahan. Tanggung jawabnya juga akan beralih kepada perusahaan baru tersebut.

Dampak lainnya juga akan di alami oleh mitra perusahaan lama, di mana akan ada kebijakan baru yang akan di ambil oleh perusahaan pengakuisisi. Semua kebijakan akan menjadi haknya perusahaan tersebut. Begitu pula dengan kewajiban pajak dan sebagainya, akan menjadi tanggungan perusahaan baru tersebut.

Investor juga akan terkena dampaknya, dikarenakan sistem operasional perusahaan yang akan berubah, sehingga akan mempengaruhi kepercayaan dalam dunia investasi terhadap perusahaan tersebut dalam menghasilkan keuntungan. Kebanyakan akuisisi perusahan, memang lebih banyak yang bisa meningkatkan kinerja perusahaan tersebut, tetapi ada juga di antaranya yang justru dihentikan.

2018-09-02T11:10+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com