Kalkulatif.com

Ciri - Ciri Modernisasi, Contoh dan Dampaknya

Ciri - Ciri Modernisasi, Contoh dan Dampaknya

Modernisasi adalah suatu proses perubahan total dari kehidupan bersama yang tradisional terutama di bidang teknologi serta organisasional, ke arah yang lebih terarah dan ke dalam pola yang lebih efektif, efisien dan stabil.

Pada suatu kelompok masyarakat, Modernisasi dapat terjadi di berbagai bidang, misalnya perekonomian, perdagangan, teknologi informasi, industri, dan berbagai macam bidang kehidupan masyarakat lainnya. Berbagai bidang tersebut dapat berkembang melalui serangkaian proses yang panjang sehingga mencapai pola perilaku yang berwujud pada kehidupan masyarakat modern.

Modernisasi di dalam anggapan masyarakat, sering di anggap banyak berdampak buruk terhadap tatanan sosial sebelumnya. Masyarakat tertentu beranggapan, modernisasi lebih mementingkan kebebasan seperti westernisasi yang bersifat keduniawian. Padahal, masih ada sisi baik dari pola modernisasi ini.

Suatu kehidupan masyarakat sudah dapat dikategorikan ke dalam masyarakat modern, bila memenuhi ciri - ciri di di dalam 2 aspek di bawah ini, yaitu:


1. Aspek Sosio Demografis

Aspek sosio demografis adalah aspek mobilitas sosial, yaitu suatu proses perubahan pada unsur - unsur sosial, ekonomis, serta psikologis masyarakat yang dapat menunjukkan peluang berubah, seperti urbanisasi dan peningkatan pendapatan.


2. Aspek Struktur Organisasi Sosial

Aspek struktur organisasi sosial adalah aspek yang menitikberatkan pada unsur - unsur dan norma kemasyarakatan yang lebih menggunakan lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan dan interaksi sosial.

Contoh modernisasi bisa di lihat dari perilaku masyarakat yang sudah dikategerikan ke dalam masyarakat modern, seperti penggunaan organisasi sosial yang sistematis dan terukur, seperti partai politik. Contoh lainnya adalah pola pikir masyarakat yang lebih berorientasi ke masa depan, seperti peningkatan tingkat pendidikan.

2018-08-31T04:48+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com