Kalkulatif.com

Ciri - Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri - Ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Suatu makhluk dapat dikatakan hidup bila sudah memenuhi kriteria - kriteria tertentu. Beberapa kriteria tersebut akan dijabarkan satu persatu di bawah ini.

Kriterianya antara lain: Makhluk Hidup

1. Bergerak

Makhluk yang sudah dapat bergerak bisa dinyatakan ke dalam kategori makhluk hidup. Ini merupakan poin dasar dari kriteria tersebut.

2. Peka terhadap rangsang (iritabilitas)

Dapat peka dengan bisa merasakan suatu rangsangan dari luar, atau mungkin yang datang langsung dari diri dia sendiri.

3. Membutuhkan nutrisi

Suatu makhluk hidup tentu sangat membutuhkan nutrisi (makanan) untuk bisa menghasilkan energi, dan bisa untuk terus hidup.

4. Bernafas (respirasi)

Bernafas merupakan satu poin penting lainnya untuk tetap bisa terus hidup, dikarenakan makhluk hidup membutuhkan oksigen yang bisa di dapat dengan cara bernafas.

5. Tumbuh dan berkembang

Makhluk hidup itu dinamis, mereka akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu yang di hitung dengan usianya.

6. Reproduksi

Setiap jenis makhluk hidup memiliki sistem reproduksinya masing - masing, baik secara seksual maupun aseksual.

7. Regulasi

Di dalam tubuh makhluk hidup terdapat suatu siklus yang berjalan secara regulasi yang dapat menetapkannya untuk bisa hidup secara seimbang.

8. Ekskresi

Ekresi adalah akhir dari akibat proses makanan di poin sebelumnya. Selain membutuhkan makanan tentu juga perlu untuk membuang sisanya yang tidak bisa di ubah menjadi energi.

2018-09-16T13:49+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com