Kalkulatif.com

Ciri - Ciri Cacing Parasit

Ciri - Ciri Cacing Parasit

Cacing parasit adalah suatu makhluk hidup yang hidupnya sebagai parasit pada beberapa organisme lain, baik hewan ataupun tumbuhan. Makhluk hidup ini dapat memangsa dan merugikan organisme lain yang di tumpangi atau di inangkannya.

Selain itu, cacing parasit di dalam tubuh manusian disebut pemangsa yang dapat menerima makanan dan perlindungan dengan menyerap nutrisi pada organisme tersebut. Penyerapan ini menyebabkan kelemahan dan penyakit pada organisme yang menjadi objeknya. Penyakit yang diakibatkan oleh cacing parasit biasanya disebut secara umum sebagai kecacingan.

Cacing parasit umumnya berasal dari beberapa anggota, yaitu Cestoda, Nematoda, dan Trematoda.

Beberapa cacing parasit yang mungkin ada pada hewan atau manusia, antara lain:

1. Cacing gelang (Ascaris)

Cacing gelang atau ascaris adalah cacing parasit yang bisa menyebabkan penyakit cacingan perut yang hidup di dalam usus manusia sebagai parasit karena dia akan mencuri makanan dan selanjutnya bereproduksi di usus tersebut.

2. Cacing hati (Fasciola)

Fasciola adalah cacing parasit yang dapat menyerang inangnya dengan menghuni organ hati di dalam tubuh hewan, biasanya menyerang pada hewan ternak (terutama sapi dan babi).

3. Cacing kremi (Enterobius)

Enterobius adalah cacing parasit yang dapat menyerang inangnya dengan menghuni usus manusia dengan ciri - ciri dapat menyebabkan rasa gatal di sekitar dubur yang bisa di infeksi dalam jangka waktu yang lama.

4. Cacing pipih darah

Cacing pipih darah adalah cacing parasit yang bisa menjadi penyebab penyakit skistosomiasis (Schistosomia) pada manusia.

5. Cacing pita (Taenia)

Cacing Taenia adalah cacing yang memiliki nama lain yaitu cacing tambang, jenis cacing ini bisa menyebabkan penyakit ankilostomiasis (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus).

6. Cacing penyebab filariasis

Jenis cacing ini juga sama seperti Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, Brugia timori, Loa loa, Mansonella streptocerca, Onchocerca volvulus, Dracunculus medinensis, Mansonella perstans, dan Mansonella ozzardi yang bisa menyebabkan penyakit yang sama.

2018-09-11T10:57+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com