Kalkulatif.com

Cara Menghitung Cicilan KPR DP 0 Rupiah

Cara Menghitung Cicilan KPR DP 0 Rupiah

Pembelian suatu properti berupa hunian dengan menggunakan KPR yang berdasarkan sistem tanpa DP atau DP 0 rupiah sudah mulai muncul kepada konsumen dengan tujuan untuk memudahkan konsumen dalam memenuhi salah satu kebutuhan primer ini.

Oleh karena itu, sistem pembayaran seperti ini harus terlebih dahulu diperhitungkan apa saja yang diperlukan nantinya dalam menyanggupi mengikuti sistem ini. Perhitugannya meliputi soal pembayaran cicilan setiap bulannya, perhitungan suku bunga serta model bunga yang diterapkan (flat atau float).

Angsuran yang menerapkan sistem flat memang menjamin suku bunga tetap setiap tahunnya, tetapi perhitungannya juga di ambil dari total jumlah pinjaman sepanjang masa kredit, sehingga akan memperbesar jumlah bunga yang harus di bayar seiring dengan bertambah lama masa pinjaman. Sedangkan sistem floating, biasanya akan memakai perhitungan secara anuitas atau efektif. Perhitungan ini tidak di ambil total keseluruhan seperti sistem flat, tetapi di ambil dari seberapa banyak sisa pinjaman yang masih belum terbayar setiap tahunnya, sehingga sistem seperti ini akan mengurangi beban bunga yang di tangggung karena hanya di hitung dari sisa pinjaman.

Dengan mengunakan KPR DP 0 rupiah berarti cara menghitung akan mengikuti besaran pinjaman yang terhutang sama dengan seluruh total harga hunian tersebut. Jadi jelas tanggungannya akan membebani di angsuran setiap bulannya. Semakin lama waktu pinjaman yang di pilih, maka akan semakin menambah juga jumlah bunga yang harus di bayar, tentu juga dengan jenis sistem bunga yang di pilih akan mempengaruhi jumlah bunga juga.

Sebelum melangkah lebih jauh dalam melakukan KPR ini, maka lebih baik mempertimbangkan dulu hal - hal apa saja yang menyangkut dengan pemilihan opsi - opsi yang sudah dijelaskan.

2018-09-02T15:30+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com