Kalkulatif.com

Cara Membebaskan Diri dari Beban Hutang

Cara Membebaskan Diri dari Beban Hutang

Hampir setiap orang dewasa pernah mengambil langkah berutang, baik utang dalam jangka pendek, maupun jangka panjang. Hingga saat ini, masih banyak juga yang di bebani oleh sejumlah utang yang belum selesai.

Inilah cara - cara membebaskan diri dari beban Hutang agar utang yang mau di ambil tidak menambah beban yang besar ke depannya.

1. Pastikan pilihan pembayaran

Cara seperti ini dapat mencegah kesalahan atau kekeliruan pilihan yang di ambil. Pastikan pembayarannya yang seperti apa hingga sedetil mungkin, mulai dari presentase bunga, lama pinjaman, hingga ketentuan - ketentuan pinalti yang mungkin ditentukan.

2. Pelajari dan minta bantuan informasi

Sebelum benar - benar mengikat proses utang yang di ambil, Pelajari terlebih dahulu semuanya agar tidak terjebak pada utang yang rugi. Bila perlu, minta bantuan informasi pada ahli keuangan yang memungkinkan, dan ambil keputusan yang tidak meragukan.

3. Prioritaskan pembayaran utang

Ketika sudah memperoleh uang, misalnya gajian atau lainnya, segerakan pembayar utang dibandingkan dengan kebutuhan lain yang tidak begitu mendesak. Cara ini bertujuan agar tidak kehilangan kesempatan melakukan pembayaran utang, dan dapat menghindari jumlah denda yang mungkin ada.

2018-09-02T11:34+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com