Kalkulatif.com

Biaya Fidusia dan Provisi Dalam Kredit

Biaya Fidusia dan Provisi Dalam Kredit

Di jaman sekarang, mobil bukan lagi salah satu barang mewah yang hanya dimiliki oleh segelintir orang yang memiliki kemampuan ekonomi mapan. Namun sudah menjadi kebutuhan yang perlu dipertimbangkan terutama bagi yang sudah berkeluarga.

Saat ini ada banyak leasing dan lembaga pembiayaan yang dengan senang hati akan membantu Anda memiliki sebuah mobil dengan cara pembayaran angsuran bagi yang masih kesulitan dana.

Terdapat 2 komponen biaya utama yang dibebankan pada pembayaran pertama, yaitu biaya provisi dan biaya fidusia. Kedua biaya tersebut memiliki jumlah besaran biaya yang sangat perlu untuk di cermati.

1. Biaya Provisi

Biaya provisi atau yang lebih familiar disebut sebagai biaya administrasi merupakan sebuah biaya yang sifatnya wajib dan akan Anda temukan di dalam hampir semua pembelian yang Anda lakukan secara kredit, di mana hal ini juga berlaku pada pembelian mobil secara kredit.

Pada umumnya, jumlah provisi akan berbeda-beda dan tergantung pada jenis barang yang dikredit, di mana pihak leasing atau bank biasanya akan menentukannya dalam bentuk persentase yang kemudian dikalikan dengan total harga barang yang dikredit tersebut.

Biaya provisi akan langsung dipungut di awal kredit. Sedangkan untuk kredit dana tunai, biaya provisinya akan langsung dipotong/dikurangi dari jumlah hutang kredit yang diajukan oleh kreditur.

2. Biaya Fidusia

Dalam pembelian mobil secara kredit juga, Anda akan dikenakan sejumlah biaya fidusia. Biaya fidusia merupakan sejumlah biaya yang dikeluarkan sebagai tanda bukti kepercayaan. Misalnya saat mengajukan kredit mobil ke leasing, maka Anda akan dikenai biaya fidusia sebesar Rp50.000.

Fidusia adalah proses pengalihan hak atas kepemilikan benda yang dilakukan atas dasar kepercayaan yang menjamin bahwa debitur tetap menjadi pemilik mobil yang dikredit tersebut, meskipun BPKB nya dijadikan sebagai jaminan dan dibawa oleh pihak leasing sebagai lembaga pembiayaan kredit tersebut.

2019-01-05T13:00+07:00
AboutDisclaimerContact © 2018 Kalkulatif.com