Kalkulatif.com

Berbagai Jenis Modal Saat Memulai Bisnis

Berbagai Jenis Modal Saat Memulai Bisnis

Hampir semua bidang bisnis yang dijalankan membutuhkan modal awal yang cukup. Bisnis yang dijalankan memerlukan modal, baik modal materi maupun modal non materi (misalnya: keahlian).

Modal materi yang dibutuhkan tergantung dari jenis bisnis yang ingin dijalankan. Bisnis dengan cakupan yang lebih besar tentu membutuhkan juga modal yang cukup besar pula. Dalam mendapatkan modal yang jumlahnya besar seperti ini, bisa didapatkan dengan membentuk badan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT), di mana badan usaha ini dapat menyertakan modal dari berbagai pihak, tidak hanya pada satu modal pemiliknya saja.

Cara tersebut memang membutuhkan pengetahuan dan jaringan koneksi yang luas, serta juga waktu yang dibutuhkan juga cukup lama untuk memulai beroperasi badan usaha tersebut.

Cara yang lebih simpelnya adalah memulai bisnis dari yang lebih kecil terlebih dahulu sembari mempelajari perkembangan bisnis - bisnis berikutnya, serta juga konsisten untuk bisnis yang dijalankan untuk bisa tetap mengembangkan bisnis tersebut.

Sedangkan untuk modal non materi, memulai suatu bisnis juga membutuhkan keahlian atau keterampilan tertentu. Contohnya, memulai bisnis toko online berarti juga sudah siap dengan keahlian berinternet dan menganalisis perilaku konsumen di internet sehingga bisnis yang dijalankan dapat menghasilkan return seperti yang sudah ditargetkan.

Begitulah beberapa modal yang dibutuhkan untuk memulai suatu bisnis yang diinginkan. Tetapi, jika belum memilikinya sekarang, kamu bisa memulai yang paling bawah terlebih dahulu sembari belajar bisnis tersebut di dalamnya.

2018-09-02T14:36+07:00
About Disclaimer Contact © 2018 Kalkulatif.com